Analisis Ideologi pada Teks Mitos Baris Cina di Desa Adat Renon
Abstract
This study is entitled “Analisis Ideologi pada Teks Mitos Baris Cina di Desa Adat Renon”. This study aims to describe the structure of the teks mitos Baris Cina in Desa Adat Renon and analyzes the ideological meaning contained in it. The theories used in the study are structural theory and mythology theory. The stage of providing data used the field method, assised with interview technique, recording thecnique, note-taking technique, and idiomatic translation technique. The data are analyzed using qualitative method by descriptive-analytic technique. The data are presented using qualitative method by deductive technique. The structure of the teks mitos Baris Cina in Desa Adat Renon contsists of incidents, plot, character and characterization, setting, theme, and moral value. There is a connotation meaning in the teks mitos Baris Cina which then develops into a myth so that the myth is used as a way of life by the people as an ideology. The meaning of ideology contained in it is the institution’s guard, obligations, and historical relics.
Downloads
References
Barthes, Roland. 2009. Mitologi (terj. Nurhadi dan A. Sihabul Millah). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Cahyanti, Ika, Sukatman, dan Furoidatul Husniah. 2017. Mitos dalam Ritual Masyarakat Mandura di Kecamatan Gending Kabupaten Probolonggo. Jukasi Vol.IV No.1: 13-19. Jember: Universitas Jember.
Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia (Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain). Jakarta: PT. Grafis Pers.
Delvia, Ni Putu Gek Anna, L. P. Puspawati, dan I Gde Nala Antara. 2017. Teks Mitos Tapakan Barong Bhatara Sakti Nawa Sanga di Kahyangan Jagat Luhur Natar Sari: Analisis Struktur dan Fungsi. Humanis Vol.18.1. Denpasar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.
Hoed, Benny H. 2014. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.
Iswidayanti, Sri. 2017. Fungsi Mitos dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Pendukungnya. Harmonia Vol.VIII No.2. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Jannah, Miftahul, Edi Suyanto, dan Ali Mustofa. 2018. Pemahaman Struktur Cerpen Kenang-kenangan Seorang Wanita Pemalu Karya Rendra di SMA. Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Lampung: Universitas Lampung.
Johari, Arief. 2016. Representasi Mitos dan Makna pada Visual Lambang Daerah. Ritme Vol.2 No.1. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Tabanan: Saraswati Institut Pers.
Mujianto, Gigit, Djoko Asihono, Hari Sunaryo dkk. 2010. Bahasa Indonesia untuk Kerangka Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi (Edisi Revisi). UMM Press.
Narwoko, J. Dwi, dan Bagong Suyanto. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Renawati, Pande Wayan. 2019. Implementasi Upacara Manusa Yadnya dalam Naskah Drama Kahuripan (Perspektif Teologi Hindu). Mudra Jurnal Seni Budaya Vol.34 No.3. Denpasar: Program Pascasarjana IHDN.
Sari, Ni Kadek Surya Dewi, Tjok Istri Agung Mulyawati, dan I Ketut Ngurah Sulibra. 2018. Teks Mitos Tirta Selaka di Pura Kereban Langit Sading Kecamatan Mengwi: Analisis Struktur dan Fungsi. Humanis Vol.22.2. Denpasar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.
Sari, Ni Putu Mita Manika, I Ketut Ngurah Sulibra, dan I Nyoman Duana Sutika. 2019. Mitos Bunut Bolong di Desa Manggissari Kecamatan Pekutatan: Analisis Struktur dan Makna. Humanis Vol.23.1. Denpasar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.
Shadily, Hassan dkk. 1982. Ensiklopedi Indonesia Jilid 3. Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve.
Sudiasih, Ni Putu. 2016. Mitos di Nusa Penida: Analisis Struktur, Fungsi, dan Makna. Humanis Vol.15.2. Denpasar: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.
Sukada, I Made. 1982. Unsur Insiden dan Perwatakan dalam Fiksi. Tahun I No.2. Denpasar: Majalah Widya Pustaka Fakultas Sastra Universitas Udayana.
Sukrawati, Ni Made. 2017. Nilai Didaktsis Upacara Pacaruan Sasih Kaenem di Pura Pasek Ngukuhin, Desa Pakraman Tonja, Kota Denpasar. Dharmasmrti Vol.XVII No. 02. Denpasar: Universitas Hindu Indonesia.
Suratno. 2016. Meningkatkan Pemahaman Konsep Peninggalan Sejarah Hindu di Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial di Kelas V SD 2 Buga Kabupaten Tolitoli. Kreatif Tadulako Vol.4 No.10. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Sutaryanto. 2016. Folklor dan Peranannya dalam Menumbuhkembangkan Multikultural Siswa Sekolah Dasar. Neliti Vol.1. Madiun: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI.
Tim Redaksi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Wartha, Ida Bagus Nyoman. 2016. Manfaat Penting “Benda Cagar Budaya” sebagai Peninggalan Sejarah/ Arkeologi untuk Kepentingan Agama, Sosial Budaya, Ekonomi Budaya, Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Studi Kajian Budaya). Santiaji Pendidikan Vol.6 No.2. Denpasar: Universitas Saraswati.
Wartono. 2015. Pranata Sosial Keagamaan dalam Lingkungan Keluarga Muslim. Edukasi Islami Vol. 04. Bogor: Sekolah Tinggi Agama Islam Hidayah.