THE CONNOTATIVE MEANING OF VERBAL AND VISUAL SIGN ON NIKE SPORT SHOES ADVERTISEMENTS

  • Desak Ayu Agung Ratna Komala

Abstract

Makna konotatif terdapat pada setiap iklan, yaitu makna verbal and makna visual. Yaitu
slogan dan gambar. Makna verbal dibuat dalam bentuk kalimat singkat namun menarik. Hal
ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik melihat iklan tersebut. Selalu ada pesan
tersembunyi dibalik makna konotatif yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Sedangkan
untuk makna visual ditambahkan untuk mendukung makna verbal. Dengan menggunakan
gambar (visual) akan lebih efektif untuk menarik lebih banyak perhatian masyarakat.
Misalnya iklan sepatu olahraga dari Nike yang sudah sangat terkenal akan iklan – iklannya
yang selalu unik dan menarik perhatian. Terdapat dua iklan yang bisa dijadikan sumber data
yaitu iklan Nike Air Max Torch+6 dan Nike Eco yang terdapat di situs resmi Nike yaitu
www.nike.com. Adapun dari kedua iklan tersebut terdapat makna konotatif yaitu makna
verbal dan makna visual. Kedua makna tersebut saling melengkapi dan mendukung satu
sama lain sehingga dapat mengantarkan pesan yang dimaksud oleh perusahaan kepada
konsumen dengan baik tanpa meninggalkan kesan ambigu.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
RATNA KOMALA, Desak Ayu Agung. THE CONNOTATIVE MEANING OF VERBAL AND VISUAL SIGN ON NIKE SPORT SHOES ADVERTISEMENTS. Humanis, [S.l.], apr. 2013. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/5160>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

iklan, makna konotatif secara verbal dan visual