THE ANALYSIS OF SIGNS AT ENGLISH PRINTED WOMENCOSMETIC ADVERTISEMENT
Abstract
Penelitian ini berjudul “The Analysis of Signs at English Printed Women CosmeticAdvertisement” berfokus pada makna verbal dan visual dari iklan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menggambarkan makna verbal dan visual yang digunakan dalam iklan yang
diteliti dan juga hubungan antara makna verbal dan visual dari iklan.
Sumber data dalam penelitian ini diambil secara acak dari beberapa Majalah bahasa asing
bulanan. Ada lima buah iklan cetak yang digunakan sebagai data terdiri dari, Maybelline ‘s
Moisture Extreme Lipcolor, Sally Hansen’s Mega Shine Nail Top Coat, Dove Deodorant ,
Loreal ‘s Kiss Proof Ultra Glossy Lipstick, Maybelline’s Volum’ Express Turbo Boost
Mascara. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, iklan
yang diperlukan diidentifikasi dan data diklasifikasikan. Setelah itu, makna verbal dan
visual yang digunakan dalam iklan dan apa yang mereka menandakan dianalisis
berdasarkan teori Dyadic diusulkan oleh Saussure, hubungan antara makna verbal dan
visual dalam iklan dianalisis menggunakan teori Semiotik diusulkan oleh Saussure juga
(Saussure, seperti dikutip dalam Chandler 1997). Selain itu, analisis disajikan secara
deskriptif untuk memberikan penjelasan yang jelas.
Berdasarkan analisis tersebut, setiap iklan memiliki set sendiri penanda dan petanda
konsep untuk menyampaikan pesan dan menghasilkan makna, baik secara verbal dan visual.
makna verbal yang dapat ditemukan dalam Headline, Body Copy, Signature Line, dan
Standing Detail sedangkan makna visual dari iklan dapat ditemukan di bagian Ilustrasi.
Makn-makna tersebut berkolaborasi untuk saling mendukung, yang menunjukkan hubungan
erat antara keduanya.
Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
PUTRI UTAMI, Sherly.
THE ANALYSIS OF SIGNS AT ENGLISH PRINTED WOMENCOSMETIC ADVERTISEMENT.
Humanis, [S.l.], jan. 2013.
ISSN 2302-920X.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/4432>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles
Keywords
Iklan, makna verbal dan makna visual