THE ANALYSIS OF SIGNS AT ENGLISH PRINTED WOMENCOSMETIC ADVERTISEMENT

  • Sherly Putri Utami

Abstract

Penelitian ini berjudul “The Analysis of Signs at English Printed Women Cosmetic
Advertisement” berfokus pada makna verbal dan visual dari iklan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menggambarkan makna verbal dan visual yang digunakan dalam iklan yang
diteliti dan  juga hubungan  antara makna verbal  dan visual  dari iklan.
Sumber data dalam penelitian ini diambil secara acak dari beberapa Majalah bahasa asing
bulanan.  Ada lima buah iklan cetak yang digunakan sebagai data terdiri dari, Maybelline ‘s  
Moisture Extreme Lipcolor,  Sally Hansen’s Mega Shine Nail  Top Coat,  Dove Deodorant ,
Loreal  ‘s  Kiss  Proof  Ultra  Glossy  Lipstick,  Maybelline’s  Volum’ Express  Turbo  Boost
Mascara. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, iklan
yang diperlukan diidentifikasi dan data diklasifikasikan.  Setelah itu,  makna  verbal  dan
visual yang digunakan dalam  iklan dan apa  yang  mereka  menandakan dianalisis
berdasarkan teori Dyadic diusulkan oleh Saussure,  hubungan antara makna verbal  dan
visual  dalam iklan dianalisis  menggunakan teori Semiotik diusulkan oleh Saussure juga
(Saussure,  seperti  dikutip  dalam Chandler 1997).  Selain  itu,  analisis disajikan secara
deskriptif untuk memberikan penjelasan yang jelas.
Berdasarkan analisis tersebut, setiap iklan memiliki set sendiri penanda dan petanda
konsep untuk menyampaikan pesan dan menghasilkan makna, baik secara verbal dan visual.
makna verbal  yang dapat  ditemukan dalam Headline,  Body  Copy,  Signature Line,  dan
Standing Detail sedangkan makna visual dari iklan dapat  ditemukan di  bagian Ilustrasi.
Makn-makna tersebut berkolaborasi untuk saling mendukung,  yang menunjukkan hubungan
erat antara keduanya.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PUTRI UTAMI, Sherly. THE ANALYSIS OF SIGNS AT ENGLISH PRINTED WOMENCOSMETIC ADVERTISEMENT. Humanis, [S.l.], jan. 2013. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/4432>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Iklan, makna verbal dan makna visual