CONTEXT OF SITUATION ANALYSIS IN THE KID MOVIE DORA THE EXPLORER
Abstract
Paper ini khusus mentelaah percakapan yang muncul dalam film anak-anak “Dora the Eplorer” berdasarkan teori Context of Situation dari Halliday dan teori Conversational Analysis dari Liddicoat. Data untuk paper ini diperoleh dari satu seri film “Dora the Explorer” yang berjudul “To the Tree House” dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan metode dan teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Temuan yang diperoleh dari analisis “Context of Situation” yaitu “Field” dari percakapan tersebut adalah tentang perjalanan Dora dan Boot ke rumah pohon, kemudian “Tenor” dari film ini adalah semua karakter didalam cerita dan semua penontonnya. Dan “Mode” dari percakapan tersebut adalah bahasa lisan (spoken). Dalam hal “Conversational Analysis” dapat diperoleh turn taking organization, sequence organization, preference organization dan dispreferred first pair part.Downloads
Download data is not yet available.
How to Cite
REDINATA, I Wayan.
CONTEXT OF SITUATION ANALYSIS IN THE KID MOVIE DORA THE EXPLORER.
Humanis, [S.l.], dec. 2012.
ISSN 2302-920X.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/4252>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles
Keywords
context of situation, implication, movie.