VISUAL AND VERBAL SIGNS OF HAIR COLOR ADVERTISEMENT FOR ADULT IN WOMEN’S HEALTH MAGAZINE

  • Lylis Mayani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis tanda verbal dan non verbal yang terdapat dalam
sebuah iklan yang dicetak dalam sebuah majalah bahasa Inggris. Penelitian ini diarahkan
untuk menjawab dua pertanyaan mendasar yang terdapat dalam pokok permasalahan.
Dalam penelitian ini terdapat satu iklan yang telah dianalisisis yang diambil dari majalah
wanita dicetak pada September 2011. Dalam menganalisis tanda verbal dan non verbal,
penelitian ini menggunakan teori Sign oleh Leech (1966) dan Saussure dikutip Berger
(1984),teori konteks situasi oleh Halliday (1985), teori fungsi dan makna oleh Leech (1974).
Hasil kajian menunjukan presentasi non verbal,mampu menjadikan sebuah iklan untuk
dapat tampil lebih persuasive, menarik dan mudah diingat. Dan dari analysis berdasarkan
kontek situasi memberikan informasi tentang jenis iklan yang ditampilkan, peserta dari iklan
dan bahasa yang digunakan untuk membujuk calon konsumen. Hasil kajian juga
menunjukan, pada umumnya iklan memiliki makna konseptual, konotatif dan afektif
digunakan untuk membujuk calon konsumen. Dalam setiap iklan juga menyampaikan fungsi
bahasa yang digunakan seperti, fungsi informatif, ekspresif dan direktif.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MAYANI, Lylis. VISUAL AND VERBAL SIGNS OF HAIR COLOR ADVERTISEMENT FOR ADULT IN WOMEN’S HEALTH MAGAZINE. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/4240>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

tanda verbal dan non verba,konteks situasi, fungsi dan makna