The Analysis of Semantic Types of Adjective Classes in Adjective Noun Collocation with Reference to the Novel Victims of Violence

  • Vina Witri Noviana Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul“Analisis tipe-tipe semantik dari kelas kata sifat pada kolokasi kata sifat yang mengandung kata benda dengan mengacu pada novel Victims of Violence” bertujuan meneliti dan menganalisis tipe-tipe semantik pada kolokasi kata sifat yang mengandung kata benda.Data penelitianini di ambildari novel yang berjudul Victims of Violence.Novel ini dipublikasikan pada 7 April 2003. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode perpustakaan dan dianalisis dengan metode kualitatif.Teori yang digunakan adalah teori yang diusulkan oleh Quirk (1973) tentang tipe semantik pada kata sifat. Ada delapan tipe semantik pada kelas kata sifat yaitu;mengintensifkan kata sifat, pusat penentu dan pembatas kata sifat, ukuran subjektif, ukuran objektif,menunjukkan usia, menunjukkan warna, menunjukkan material dan menunjukkan asal atau gaya. Ada 42 contoh data yang dimasukkan dalam analisis ini.Selain itu, untuk menganalisis makna pada data ada tiga tipe utama yang terdapat pada kolokasi yaitu based wholly on the meaning of the item,based on the range and based on the strictest sense. Menurut analisis pendukung, pada analisis ini  ditemukan sebagian besar contoh masuk kedalam kolokasibased wholly on the meaning of the itemdimana maknanya diambil dari kata-kata individual.Dua contoh dimasukkan kedalam kolokasibased on the strictest sense yaitu berdasarkan konteks situasi tertentu yang mendukungnya. Contoh lainnya dimasukkan kedalam kolokasi based on the range karena mereka dapat bersama dengan jenis kata yang memiliki bebarapa fitur semantik yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-01
How to Cite
WITRI NOVIANA, Vina. The Analysis of Semantic Types of Adjective Classes in Adjective Noun Collocation with Reference to the Novel Victims of Violence. Humanis, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 24-30, nov. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/35135>. Date accessed: 09 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JH.2017.v21.i01.p05.
Section
Articles