The Errors In Pronouncing Vowels And Consonants In Reading English Medical Text By The Second Year Students Of Stikes Bali

  • I Dewa Ketut Sidanes Udayana University
  • I Made Winaya Udayana University
  • Putu Ayu Asty Senja Pratiwi Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekeliruan "error" dalam mengucapkan huruf vokal dan konsonan; dan menganalisa faktor atau penyebab kekeliruan "error" yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat II Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Bali dalam membaca teks kesehatan berbahasa Inggris. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penelitian lapangan dalam bentuk rekaman suara. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Roach dan Richard; dan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik triangulasi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa mahasiswa di tingkat II dari STIKES Bali cenderung melakukan kekeliruan "error" dalam mengucapkan huruf  vokal /?/, /?/, /?/, /i:/, /e/ dan /?:/; dan konsonan /?/, /?/ dan /?/. Kekeliruan "error" yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut disebabkan oleh pengaruh dari struktur bahasa ibu mereka. Selain faktor tersebut; faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap kekeliruan "error" yang dilakukan adalah kompetensi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris seperti pengalaman mahasiswa pada struktur lain dalam bahasa Inggris, latar belakang bahasa mahasiswa, dan proses belajar dan / atau materi yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-03
How to Cite
SIDANES, I Dewa Ketut; WINAYA, I Made; ASTY SENJA PRATIWI, Putu Ayu. The Errors In Pronouncing Vowels And Consonants In Reading English Medical Text By The Second Year Students Of Stikes Bali. Humanis, [S.l.], p. 75-80, oct. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33951>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>