The Analysis of Code Switching in COSMOGIRL! INDONESIA Magazine

  • Putu Agus Darmawan Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul "The Analisisof Code Switching in "Cosmo GIRL! Indonesia Magazine". Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis dan fungsi dari Code Switching yang ditemukan di "CosmoGIRL! Indonesia Magazine". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah tersebut dan sekaligus penerapannya di masyarakat. Sumber data dalam penelitian ini adalah "CosmoGIRL! Indonesia Magazine" yang dikumpulkan secara kualitatif. Pertama, data dikategorikan berdasarkan jenis, yang dianalisis secara bersamaan sesuai dengan fungsi code switching.


Dalam penelitian ini diterapkan beberapa teori mengenai jenis dan fungsi dari code switching. Teori mengenai jenis code switching dikemukakan oleh Poplack, dan mengenai fungsi dari code switching dikemukakan oleh Appel & Muysken. Berdasarkan teori yang diterapkan dalam penelitian ini ditemukan tiga jenis code switching; Seperti Tag switching, Inter sentential switching, dan Intra sentential switching yang ditemukan mendominasi. Berdasarkan fungsi code switching yang diaplikasikan hanya ada lima fungsi code switching yang terdapat di dalam majalah, yaitu: Metalinguistic function, referential function, expressive function, Phatic fungtion dan Directive fungtion.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
AGUS DARMAWAN, Putu. The Analysis of Code Switching in COSMOGIRL! INDONESIA Magazine. Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 194-199, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33026>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles