Negative Politeness Strategies Used In The Movie “Sex And The City”

  • Nyoman Nila Rosiana Dewi Udayana University

Abstract

Makalah yang berjudul “Strategi Kesopanan Negative yang Digunakan dalam film Sex and The City”difokuskan pada strategi kesopanan negatif dan faktor yang mempengaruhi aktor atau aktris dalam menerapkan strategi kesopanan negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi kesopanan negatif yang digunakan dalam film “Sex and The City” dan juga untuk menggambarkan faktor yang mempengaruhi karakter dalam menerapkan strategi kesopanan negatif. Analisis strategi dalam kesopanan negatif dalam makalah ini didasarkan pada teori Brown dan Levinson (1987) dalam buku mereka yang berjudul Politeness: Beberapa Universals dalam Penggunaan Bahasa, Studi di interaksional Sosiolinguistik. Cambridge University Press dan menggabungkan dengan teori konteks situasi dari Halliday, M.K.A dan Hassan (1989) dalam buku mereka yang berjudul: Language, Conteks, dan Teks: Aspek Bahasa dalam Perspektif Sosial-semiotik. Victoria: Deakin University.


Analisis dimulai dengan jenis strategi negatif kesopanan dan faktor yang mempengaruhi aktor dan aktris dalam menerapkan analisis kesopanan strategi.Penelitian ini menunjukkan sepuluh jenis strategi kesopanan negatif yang ditemukan dalam data, data diambil dalam naskah film. Strategi yang menjadi konvensional tidak langsung, pertanyaan-hedge, pesimis, meminimalkan pembebanan, memberikan rasa hormat, meminta maaf, impersonalize S dan H, FTA sebagai aturan umum, nominalize dan secara langsung memiliki hutang atau tidak menghutangi H . Saat ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi strategi mereka; intrinsik, keadaan dan bobot risiko dalam strategi pilihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
NILA ROSIANA DEWI, Nyoman. Negative Politeness Strategies Used In The Movie “Sex And The City”. Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 146-152, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33015>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles