Verbal and Non-Verbal Signs in Football Shoes Advertisements
Abstract
Studi ini berjudul "Verbal and Non-verbal Signs In Football Shoes Advertisements". Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah jenis fungsi bahasa dan hubungan tanda verbal dengan tanda non verbal yang disajikan dalam iklan sepatu sepak bola. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis fungsi bahasa dan menganalisa relasi tanda verbal dengan tanda non verbal yang disajikan dalam iklan sepatu sepak bola.
Iklan sepatu sepak bola diambil dari Adidas, Nike dan Puma di situs internet yang digunakan sebagai sumber data karena iklan ini menyajikan perpaduan yang baik antara warna, gambar dan pilihan kata daripada iklan lainnya yang juga terdiri dari tanda-tanda verbal dan non-verbal. Penelitian yang dilakukan dengan metode kepustakaan dengan metode dokumentasi dan teknik pencatatan digunakan untuk mengumpulkan data maka metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data berdasarkan teori yang diajukan oleh Leech tentang fungsi bahasa. Dia menyatakan bahwa ada lima fungsi bahasa. Teori tanda yang dipakai adalah teori yang diusulkan oleh Chandler. Dia menyatakan bahwa sebuah tanda terdiri dari "penanda" dan "tanda".
Dalam hasil analisis data fungsi bahasa dalam iklan sepatu sepak bola, pengiklan cenderung menggunakan fungsi informasi untuk menyampaikan atau memberi informasi kepada pembaca tentang produk sehingga mereka dapat menarik minat dan membelinya. Kedua jenis tanda saling terkait karena apa yang tertulis dalam tanda verbal sesuai dengan apa yang ditunjukkan dalam tanda non-verbal. Mereka saling mendukung untuk membuat kombinasi yang bagus dalam iklan.