Taboo Expressions in Men in Black 2 and 3 Movie

  • Ni Wayan Devie Crisma Yanty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penggunaan ekspresi tabu yang terdapat di “Men in Black” film. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis ekspresi tabu yang digunakan oleh karakterdidalam film tersebut serta konteks ketika mereka mengungkapkan kata-kata tabu. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Data dikumpulkan dari penelitian ini adalah percakapan yang digunakan oleh karakter dalam film yang mengandung unsur tabu. Penelitian ini memiliki dua sumber data primer yang merupakan dialog film “Men in Black 2” dan “Men in Black 3”.


Data penelitian ini dianalisis berdasarkan jenis kata-kata tabu berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Jay (1992) sebagai teori utama, teori dari Lakoff (2004) tentang teori bahasa wanita dan teori bahasa laki-laki dari Coates (2004) sebagai teori pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata ungkapan tabu yang digunakan dalam “Men in Black” film dikategorikan menjadi sembilan jenis menurut Jay (1992), yaitu; Cursing, Profanity, Taboo, Obscenity, Vulgarity, Slang, Epithets, Insult and slur, Scatology.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
CRISMA YANTY, Ni Wayan Devie. Taboo Expressions in Men in Black 2 and 3 Movie. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29720>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Ungkapan Taboo, Bahasa laki-laki, Bahasa Perempuan