Language Styles With Reference To The Movie Ella Enchanted By Gail Carson Levine

  • Yunita Gloria Tololiu

Abstract

Makalah ini berjudul Gaya Bahasa dengan Referensi Film Ella Enchanted oleh Gail Carson Levine. Studi ini sebagian besar bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa yang digunakan oleh semua karakter dalam film termasuk jenis-jenis gaya bahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi karakter untuk menggunakan gaya bahasa tersebut.


Data penelitian ini dikumpulkan dari percakapan para karakter dalam film yang diusung oleh Gail Carson Levine. Data tersebut dikumpulkan dengan cara mengamati dan mencatat detail percakapan para karakter. Hal tersebut dianalisis berdasarkan teori yang diusulkan oleh Holmes (1992) yang membagi jenis gaya bahasa ke dalam bahasa standar dan vernakular. Sementara itu, faktor-faktor yang mempengaruhi pembicara untuk menggunakan gaya bahasa tersebut dibagi menjadi partisipan, pengaturan, topik dan fungsi.


Berdasarkan analisis data, hasilnya menunjukkan bahwa ada sebelas percakapan yang diklasifikasikan ke dalam bahasa standar dan enam belas percakapan dalam bahasa vernakular yang diucapkan oleh karakter dalam film. Dalam percakapan mereka, faktor partisipan, pengaturan, topik dan fungsi mempengaruhi penggunaan gaya bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
TOLOLIU, Yunita Gloria. Language Styles With Reference To The Movie Ella Enchanted By Gail Carson Levine. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29717>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

gaya bahasa, faktor, bahasa vernakular, bahasa standar