Categorized Functions and Psychological Aspects of The Main Character in the movie “The Princess Bride”

  • I Putu Hery Gunawan

Abstract

Penelitian ini berjudul Categorized Functions and Psychological Aspects of The Main Character in the movie “The Princess Bride” oleh William Goldman adalah situasi di mana ada dua ide, pendapat, perasaan atau keinginan yang menentang. Film Princess Bride adalah film romantis yang  ditulis oleh William Goldman, dan diterbitkan pada 25 September 1987. Cerita ini tentang sebuah kisah seorang wanita muda cantik bernama Buttercup yang tinggal di pedesaan Florin. Dia jatuh cinta dengan anak petani bernama Westley, yang sangat dia cintai. Westley hanya bisa mengekspresikan cintanya ke Buttercup dengan menjawab semua permintaannya dengan menjawab, “Seperti yang Anda inginkan.”.


Penelitian ini memfokuskan pada fungsi dikategori karakter, dan disajikan dalam hal karakter utama dari film melalui aspek psikologis. Fungsi dikategori karakter yang dianalisis berdasarkan teori sastra yang diusulkan oleh Wellek dan Warren (1995: 227) yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu dinamis atau statis dan karakter antagonis atau protagonis . Deskripsi disajikan dalam karakter utama dan dianalisis berdasarkan teori yang diusulkan oleh Bernhardt (1953) yang membagi aspek psikologis dalamapa yang diinginkan, emosi, dan perasaan.


Kesimpulan dari analisis ini adalah, Karakter dalam film ini dikategorikan sebagai berikut: karakter utama adalah Buttercup (statis, protagonis karakter), karakter kedua adalah Westley (statis, protagonis karakter), dan karakter pendukung Humperdinck (statis, antagonis karakter), Fezzik (statis, protagonis karakter), Inigo (statis, protagonis karakter), dan Vizzini (statis, antagonis karakter) analisis ini membawa beberapa kesimpulan. Buttercup adalah tokoh utama dalam cerita, dia adalah seorang gadis yang mencintai Westley.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
HERY GUNAWAN, I Putu. Categorized Functions and Psychological Aspects of The Main Character in the movie “The Princess Bride”. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29715>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

karakter, karakter utama, analisis psikologis.