Metaphors in the Album Lemonade by Beyoncé

  • Luh Putu Gika Winda Savitri

Abstract

Metafora dianggap sebagai bahasa yang luar biasa meskipun umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan dalam bahasa percakapan, metafora juga mudah ditemukan di dalam lirik lagu. Album terbaru yang dirilis oleh Beyonce berjudul Lemonade merupakan sumber data penelitian ini. Skripsi ini diberi judul “Metafora di Album Lemonade oleh Beyonce”. Tujuan umum penelitian ini adalah memahami metafora yang ditemukan dalam album tersebut.


Teori metafora mutakhir yang di pelopori oleh Lakoff dan Johnson (2003) digunakan untuk penelitian ini. Selain itu, metode Metaphor Identification Procedure dari Pragglejaz (2007) membantu proses untuk mengidentifikasi ekspresi metafora dalam lirik yang terkandung dalam album. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap keragaman ekspresi metaforis dan metafora konseptual yang jatuh di dalam kategori struktural, orientational, atau metafora ontologis. Ada 31 ekspresi metaforis ditemukan dan 28 metafora konseptual. Kebanyakan metafora konseptual menjelaskan konsep cinta.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
WINDA SAVITRI, Luh Putu Gika. Metaphors in the Album Lemonade by Beyoncé. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29714>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

metafora konseptual, Beyonce, target domain, source domain