Sentence Structure in “The Lion, The Witch and The Wardrobe”

  • Edy Lipson Simanjuntak

Abstract

Skripsi yang berjudul “Struktur Kalimat di novel Singa, Penyihir dan Lemari” merupakan analisa struktur kalimat pada novel Singa, Penyihir dan Lemari. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis kalimat yang ada pada novel Singa, Penyihir dan Lemari dan untuk menjelaskan stuktur kalimat melalui pohon diagram. Sumber data dari penelitian ini diambil dari novel berbahasa Inggris yang ditulis oleh C.S Lewis yang berjudul Singa, Penyihir dan Lemari. Novel ini merupakan salah satu novel yang sangat menarik unutk dibaca berdasarkan struktur kalimat dari novel ini. Novel ini terdiri dari 17 bab, namun peneliti hanya memilih 3 bab dari novel ini untuk dianalisa. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian ini yaitu metode dokumentasi dengan menggunakan teknik mencatat and penelitian ini juga menggunakan metode purposive sampling. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dihitung menggunakan rumus dari Bungin untuk memperoleh persentasi dari setiap kalimat. Teori yang digunakan dalam menganalisa data yaitu teori dari Quirk (1985) and beberapa teori pendukung lainnya.


Dari hasil analisa peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan. Pertama, setelah melakukan analisa penulis menemukan bahwa jenis kalimat yang muncul pada tiga bab novel Singa, Penyihir dan Lemari diantaranya kalimat sederhana, kalimat majemuk, kalimat kompleks dan kalimat majemuk kompleks. Tiga bab dari novel tersebut terdiri dari 231 kalimat sederhana, 76 kalimat majemuk, 83 kalimat kompleks dan 28 kalimat majemuk kompleks. Kedua, setelah menggambarkan struktur kalimat menggunakan teori dari Quirk (1985), teori dari Jim (2012:18) dan (2002:6), teori dari Dwight (1975:156) dan teori dari  Ann (2004:1) tiga bab dari novel Singa, Penyihir dan Lemari penulis menemukan variasi struktur kalimat dari setiap jenis kalimat diantaranya: Subjek +  kata kerja, subjek + kata kerja + obyek,  subyek + kata kerja + pelengkap, subyek + kata kerja + obyek + keterangan dan subyek + kata kerja + keterangan dan struktur kalimat yang paling sering digunakan pada kalimat dalam novel  ini adalah subyek + kata kerja + pelengkap karena kalimat dalam novel ini lebih sering menggunakan kata kerja bantu sebagai kata kerja dalam kalimat dalam novel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SIMANJUNTAK, Edy Lipson. Sentence Structure in “The Lion, The Witch and The Wardrobe”. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29642>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

Struktur, Kompleks, Majemuk