Syntactic Structure of Ditransitive Verbs Found in the Sentences Used in Eugene O’neill’s One-Act Play: A Wife For A Life

  • Riana Lie

Abstract


Skripsi ini berjudul Struktur Sintaksis dari Kata Kerja Ditransitif yang Ditemukan di Kalimat-Kalimat Yang Digunakan Dalam Naskah Lakon Satu Babak Oleh Eugene O'neill: Seorang Istri Untuk Satu Kehidupan. Penelitian ini dilakukan karena menganalisis kata kerja adalah hal yang menarik, oleh karena setiap kalimat memiliki predikat, dan setiap predikat adalah frase verba, maka setiap kalimat akhirnya disusun oleh kata kerja. Verba atau kata kerja adalah kelas kata yang penting dan menjadi bagian-bagian dasar dari kalimat bahasa Inggris yang biasanya menunjukkan tindakan, kejadian, atau keadaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kata kerja yang diklasifikasikan ke dalam kata kerja ditransitif dan juga menganalisis struktur sintaksis kalimat-kalimat yang mengandung kata kerja ditransitif dalam data.


Sumber data dari penelitian ini diambil dari naskah lakon satu babak oleh Eugene O'Neill yang berjudul Seorang Istri Untuk Satu Kehidupan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi melalui teknik pencatatan. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis dan menyajikan data. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Quirk (1973) untuk menganalisis konstruksi verba ditransitif dalam kalimat dan struktur sintaksis kalimat-kalimat yang mengandung verba ditransitif berdasarkan teori yang diusulkan oleh Brown dan Miller (1991).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua jenis verba ditransitif ditemukan dalam data, yaitu verba ditransitif yang diikuti oleh frasa benda, (seperti: bercerita, menuangkan, memberikan, menulis, menelgram, dan berjanji) dan kata kerja ditransitif yang memungkinkan objek tidak langsung dihilangkan dan diganti dengan frasa preposisi; (memberikan kepada, membawa untuk, menemukan untuk, mengirim ke, dan mewakili untuk). Kedua jenis verba ditransitif tersebut juga disajikan dalam analisis sintaksis menggunakan diagram pohon untuk menggambarkan jenis verba ditransitif dengan rumus; (1) S [NP VP]; VP [V NP NP]; NP [Det N]; (2) S [NP VP]; VP [V NP PP]; NP [Det N]; PP [P N]. Kesimpulannya, hanya ada dua jenis verba ditransitive yang ditemukan dalam sumber data sementara verba ditransitif yang memungkinkan objek lain untuk dihilangkan tidak ditemukan dalam sumber data.



 



 

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
LIE, Riana. Syntactic Structure of Ditransitive Verbs Found in the Sentences Used in Eugene O’neill’s One-Act Play: A Wife For A Life. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29514>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

struktur sintaksis, verba, diagram pohon, naskah lakon satu babak