Semiotic Analysis of Four Popular “Memes” in Memecenter.com

  • I Kadek Agus Mahendra Putra
  • Sang Ayu Isnu Maharani

Abstract

Studi ini berjudul “Semiotic Analysis of Four Popular Memes in memecenter.com”. Studi ini menggunakan empat macam meme yaitu, “Oh God” meme, “Forever Alone” meme, “Poker face” meme dan “Fuu” meme. Adapun studi ini bertujuan untuk mencari tahu penanda dan petanda dari keempat meme yang digunakan, serta mencari tahu fungsi dan deskripsi dari masing-masing meme sesuai dengan rumusan masalah yang diterapkan.


Teori yang digunakan untuk menganalisis penanda dan petanda dalam masing-masing meme adalah teori tentang semiotic oleh Ferdinand de Saussure (1983), untuk menganalisis fungsi dari meme itu sendiri menggunakan teori oleh Pierce (1885), dan untuk menganalisis deskripsi dari meme sesuai konteks situasi adalah teori yang dikemukakan oleh Dell Hymes tentang S-P-E-A-K-I-N-G model. Data pada studi ini didapatkan dari internet dalam situs memecenter.com yang menyuguhkan segala bentuk meme. Data dipilih dengan cara diamati, lalu mengklasifikasikan meme sesuai dengan meme yang digunakan dalam studi ini, kemudian data yang sudah diklasifikasiakan didownload, data pada studi ini dianalisis dengan metode kuantitatif. Data yang didapatkan ditampikan dalam bentuk deskripsi.


Setiap meme yang digunakan dalam studi ini memiliki penanda dan petanda. Masing-masing meme memiliki fungsi khususnya tersendiri karena meme pada dasarnya diciptakan dari ekspresi wajah manusia dalam bentuk kartun. Ketika meme digunakan dalam sebuah postingan di memecenter.com, di dalamnya pasti memiliki tema dan bagaimana meme itu mendeskripsikan situasi dan kondisi di dalam postingan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MAHENDRA PUTRA, I Kadek Agus; ISNU MAHARANI, Sang Ayu. Semiotic Analysis of Four Popular “Memes” in Memecenter.com. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29509>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

meme, fungsi, penanda dan petanda, deskripsi