Types and Functions of Code Switching in Zalea’s “Crash Into You”

  • Putu Intan Teresna Sari

Abstract

Artikel ini berjudul "Jenis dan Fungsi Alih Kode Dalam Novel Zalea " Crash Into You" yang mana dalam penelitian ini membahas fenomena alih kode. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis alih kode, fungsi dan alasan alih kode dalam novel Crash Into You oleh Alia Zalea. Data akan disajikan dan dijelaskan berdasarkan kerangka teoritis. Data diambil dari novel, yang ditulis oleh Alia Zalea. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Data dikumpulkan dengan membaca secara intensif seluruh cerita dalam novel.


Penelitian ini menerapkan teori yang diusulkan oleh Poplack (dalam Romaine 1995) untuk mengklasifikasikan jenis alih kode, dan teori yang diusulkan oleh Appel dan Muysken (1987) untuk menggambarkan fungsi alih kode. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tiga jenis alih kode yang ditemukan, tetapi dari ketiga jenis alih kode, alih kode intra kalimat yang paling sering digunakan dalam novel. Fungsi yang sering terjadi adalah fungsi referensial, fungsi metalinguistik, fungsi direktif dan fungsi phatic.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
TERESNA SARI, Putu Intan. Types and Functions of Code Switching in Zalea’s “Crash Into You”. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29304>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

Alih Kode, Jenis Alih Kode, Fungsi Alih Kode