Maxim in Conversation of Oprah Winfrey Talk Show “Will Smith and Family”

  • Ni Putu Eka Wahyuni

Abstract

Artikel ini berjudul “Penggunaan maksim pada percakapan dalam acara Oprah Winfrey Talk Show “Will Smith and Family”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi struktur percakapan dalam Bahasa Inggiris dan untuk menganalisa penggunaan maksim pada acara Oprah Winfrey talk show. Penelitian ini menerapkan metode dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode kwantatif, kualitatif. dan deskriptif. Penelitian ini menerapkan teori yang dipaparkan oleh Levinson (1983) dan juga menerapkan teori lain yang relevan yaitu teori oleh Jones (1981). Selain itu, penelitian ini juga menerapkan teori yang dipaparkan oleh Grice (1975) untuk menganalisis penggunaan maksim.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: jenis struktur pertanyaan – jawaban adalah type yang terbanyak terjadi pada percakapan tersebut. Sementara itu, terdapat keberhasilan dan ketidak patuhan maksim prinsip kerja sama pada acara talk show tersebut. Pembicara patuh pada maksim prinsip kerja sama karena mereka ingin bekerja sama untuk membuat percakapannya baik. Ketidak patuhan maksim prinsip kerja sama banyak terjadi disebabkan karena pembicara menginginkan tidak menjawab secara eksplisit atas pertanyaan yang diberikan yang berhubungan dengan kehidupannya dan untuk membuat hiburan dalam acara talk show.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
WAHYUNI, Ni Putu Eka. Maxim in Conversation of Oprah Winfrey Talk Show “Will Smith and Family”. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29046>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

tutur, talk show, struktur percakapan, maksim