The First Language Acquisition Of Tonya Walsh Yudi As An Intermarriage Child
Abstract
Setiap anak memperoleh bahasa pertama mereka dengan cara yang berbeda-beda. Itu tergantung pada kemampuan dan lingkungan dari anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan Tonya sebagai seorang anak kawin campur dalam memeperoleh bahasa pertamanya terutama pemerolehan kosa kata dalam bahasa inggris dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Tonya dalam pemerolehan bahasa. Perkembangan bahasa dibagi menjadi empat area, menurut Owens (1992) dalam bukunya yang berjudul “Language Development” dan faktor yang mempengaruhi dalam perkembangan bahasa tersebut menurut teori yang dicetuskan oleh Chomsky (1968). Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa perkembangan bahasa tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fisik, kognitif, dan sosial-emosional dari anak tersebut. Orang tua Tonya memiliki bahasa dan kebudayaan yang berbeda, itu juga mempengaruhi Tonya dalam memperoleh kosa katanya di dalam Bahasa Inggris. Selain dari kemampuan yang memang sudah dimiliki oleh Tonya sejak lahir dalam memperoleh bahasa, faktor tingkah laku orang di sekitarnya, teknologi dan program belajar di sekolahnya juga mempengaruhi Tonya dalam memperoleh kosa katanya dalam bahasa Inggris.