THEMATIC ANALYSIS IN WALLACE STEVENS’ POEM DOMINATION OF BLACK

  • I Putu Surya Radita

Abstract

Semua kritikus sepakat menyatakan bahwa penyair Walace Stevens menggunakan sejumlah kata dan gambar dalam puisi Domination of Black untuk mewakili kematian. Misalnya kata malam, senja, api yang berarti 'kegelapan' atau kematian. Kata ‘daun jatuh' dan 'hemlocks' di mana gelap dan daun yang gugur merupakan firasat buruk,  yang selalu dikaitkan dalam pikiran budaya dunia barat dengan kematian, khususnya bunuh diri. Nah, semua ini adalah misteri kehidupan misalnya adanya kata kematian, malam, perubahan, mengubah, kegelapan, mimpi, dan kosmos.

Puisi dimulai dengan menggambarkan situasi waktu malam, dengan perapian di dalam ruangan. Kemudian dijelaskan bahwa warna daun yang jatuh di luar sudah berubah warna. Hal ini dilihat oleh penulis di dalam ruangan dekat perapian. Hal ini mengingatkan si penulis akan warna cerah burung merak yang memiliki suara aneh dan parau. Si penulis merasa takut melihat keluar jendela di mana planet-planet berubah bagaiman daun yang katuh diterpa angin. Ia merasa takut kerena kenyataannya  bahwa semua warna dari benda-benda yang memberikan kesuburan bagi kehidupan dunia akan menjadi gelap seperti api yang akhirnya akan padam dan daun-daun akan gugur dan hancur lalu lenyap.

Dalam studi ini, karya penyair Amerika Wallace Stevens yang berjudul  Domination of Black dipilih untuk dianalisis  dan penulisan studi  ini menggunakan sumber data primer dari syair tersebut di atas dan menggunakan teori sastra bedasarkan buku Theory of Literature yang ditulis oleh Rene Welek and Austin Waren (1962) da buku Interpreting Litarature oleh Knickerbocker, K.L. 1963

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SURYA RADITA, I Putu. THEMATIC ANALYSIS IN WALLACE STEVENS’ POEM DOMINATION OF BLACK. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28925>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

daun, burung merak, kegelapan.