Directive Illocutionary Acts Performed On Alex’s Dialogue In Movie Madagascar 3: Europe’s Most Wanted

  • I Gusti Bagus Aristra Vaundra

Abstract

Penelitian ini diutamakan pada studi pragmatik yang dimuat lebih detail dalam lingkup tindak tutur dan difokuskan pada tindak ilokusi bersifat direktif yang merupakan bagian dari tindak tutur. Penelitian ini berjudul “Directive Illocutionary Acts Performed on Alex’s dialogue in Movie Madagascar 3: Europe’s Most Wanted”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi makna yang bersifat direktif dari tindak ilokusi yang ditemukan dalam film Madagascar 3: Europe’s Most Wanted dan menjelaskan konteks situasi yang mendukung tindak ilokusi bersifat direktif dialog Alex dalam film Madagascar 3: Europe’s Most Wanted.

Data penelitian ini diambil dari sebuah film animasi berjudul Madagascar 3: Europe’s Most Wanted yang merupakan film komedi 3D.

Dalam penelitian ini dua teori yang digunakan, pertama teori oleh Searle (1969) adalah taksonomi tindak ilokusi yaitu: asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Kemudian yang kedua teori mengenai konteks situasi untuk mendukung analisis dengan kosep konteks situasi oleh Halliday (1985).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) makna implicit pada tindak ilokusi direktif yang dibentuk oleh kalimat penjelas, kalimat perintah dan kalimat tanya. Kemudian, (2) konteks situasi sangatlah berkaitan dengan tindak tutur, konteks situasi yang mendukung munculnya tindak ilokusi direktif adalah; field (medan), tenor (pelaku) dan mode (sarana).

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARISTRA VAUNDRA, I Gusti Bagus. Directive Illocutionary Acts Performed On Alex’s Dialogue In Movie Madagascar 3: Europe’s Most Wanted. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28913>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

film, makna implicit, tindak tutur, ilokusi, direktif, konteks situasi