The Violation of Politeness Maxims by the Characters in the Movie White House Down

  • Gusti Ayu Oka Cahya Dewi

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menganalisa penyimpangan maksim kesopanan dalam percakapan antar karakter di film berjudul “White House Down”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagian dari maksim kesopanan yang menyimpang dan untuk menjelaskan alasan terjadinya penyimpangan tersebut. Penulis mengumpulkan data dari ujaran para karakter di film “White House Down”, kemudian mengklasifikasikan penyimpangan maksim ke setiap maksim kesopanan yang dikemukakan oleh Leech (1983) dan teori pengaruh penggunaan maksim kesopanan yang dikemukakan oleh Holmes (2008).

Dari analisis tersebut, penulis menemukan enam jenis maksim kesopanan yang menyimpang dari tiap ujaran yang diujarkan oleh para karakter. Jenis maksim kesopanan yang dimaksud seperti: “Tact Maxim”, “Generosity Maxim”, “Approbation Maxim”, “Modesty Maxim”, “Agreement Maxim”, dan “Sympathy Maxim”. Setelah mengklasifikasikan jenis maksim kesopanan yang menyimpang kemudian menjelaskan pengaruh penyimpangan yang dilakukan oleh para karakter. Pengaruh yang sering muncul di dalam data adalah karena perbedaan status.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
OKA CAHYA DEWI, Gusti Ayu. The Violation of Politeness Maxims by the Characters in the Movie White House Down. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28908>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Maksim kesopanan, Penyimpangan, Karakter