Illocutionary Acts of Conversation Between Man and Zombie in Movie “Warm Bodies”

  • Chresensia Natalia Br Ginting
  • Made Budiarsa
  • I Gede Putu Sudana

Abstract

Didalam penelitian ini, penulis menganalisa Ilokusi yang terdapat didalam ucapan kalimat di karakter zombie di film yang berjudul “Warm Bodies.” Penulis mengumpulkan data dari teks berbahasa inggris dalam film “Warm Bodies”, kemudian mengklasifikasikan ilokusi dan, konteks situasi  berdasarkan ilmu teori klasifikasi ilokusi yang dikemukakan oleh Searle (1976), dan teori konteks situasi yang dikemukan oleh Hymes (1972) untuk menemukan pengaruhnya terhadap kalimat ucapan tersebut. Untuk tetap fokus dalam penelitian, penulis membuat batasan batasan untuk menganalisis kalimat ucapan yang terdapat diantara zombie dan manusia.

Dari analisis tersebut, penulis menemukan lima kalsifikasi dari Ilokusi yang terdapat dalam pecakapan antara zombie dan manusia dalam film “Warm Bodies” yaitu Assertive (keluhan, pernyataan, informasi, bantahan, kritik, deskripsi), Directives (nasehat, perintah, permohonan, peringatan, paksaan, permintaan, undangan), Commisive (janji, tawaran), Expressive (pernyataan maaf, pernyataan terima kasih, pujian), Declarative (penamaan). Setelah menemukan klasifikasi dari ilokusi, kalimat ucapaan tersebut dianalisi dibawah konteks situasi. Semua bagian konteks yang telah disingkat menjadi SPEAKING mempengaruhi kalimat perbuatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NATALIA BR GINTING, Chresensia; BUDIARSA, Made; SUDANA, I Gede Putu. Illocutionary Acts of Conversation Between Man and Zombie in Movie “Warm Bodies”. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28904>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Ilokusi, konteks situasi, “Warm Bodies”

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>