Verbal and Non-Verbal Signs of “Zootopia” Movie Poster

  • Ni Putu Narista Devi
  • Ni Luh Sutjiati Beratha

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tanda Verbal dan Tanda Non-Verbal pada Poster Film Zootopia”. Penelitian ini difokuskan pada analisis tanda verbal dan non-verbal pada poster film Zootopia, dan arti dari tanda-tanda tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tanda verbal dan non-verbal yang ditemukan pada poster film Zootopia, serta menjelaskan arti dari tanda verbal dan non-verbal tersebut.


Data penelitian ini bersumber dari dua situs web yang ada di Internet. Metoda dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Kemudian, data yang telah dikumpulkan dianalisa menggunakan metoda deskriptif kualitatif. Teori-teori yang diterapkan dalam peneltian ini adalah teori Semiotics dari Saussure (1983), teori Verbal and Non-Verbal Signs dari Dyer (1993), didukung oleh teori Color terms dari Wierzbicka (1996) dan Color Meaning dari Chapman (2010).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster-poster dari film Zootopia mempunyai tanda verbal dan non-verbal. Tanda verbal yang terdapat dalam poster antara lalin “Disney”, “Zootopia”, “FROM THE CREATORS OF FROZEN AND BIG HERO 6”, “March 4”, “IN 3D AND REALD 3D”,  “DNKY”, “IN CINEMAS SOON”, “WELCOME TO THE URBAN JUNGLE”, “JUST ZOO IT”, “lululemmings”, “PREYDA”, dan “BEARBERRY”. Tanda non-verbal dalam poster itu adalah gambar yang meliputi bentuk, rupa fisik, gerakan tubuh, aktivitas, latar belakang, dan warna. Tanda – tanda tersebut memberikan banyak informasi tentang film Zootopia seperti perusahaan yang memproduksinya, judul film, tanggal ditayangkannya film, kualitas film, karakter-karakter dalam film, dan juga pengaturan tempat dari film tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NARISTA DEVI, Ni Putu; SUTJIATI BERATHA, Ni Luh. Verbal and Non-Verbal Signs of “Zootopia” Movie Poster. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27570>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Keywords

tanda verbal, tanda non-verbal, poster film

Most read articles by the same author(s)