Simple Prepositional Phrases in The Corpus of Contemporary American English (COCA)

  • Ni Made Binantari
  • I Made Rajeg

Abstract

Skripsi ini berjudul “Frasa Preposisional Sederhana di The Corpus of Contemporary American English (COCA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi sintaksis dan menganalisa makna preposisi sederhana dari frasa preposisional sederhana in, on, dan at yang diikuti oleh penentu (determiner) “the”.


COCA digunakan sebagai sumber data pada http://corpus.byu.edu/coca/, terutama teks fiksi untuk membatasi dan menganalisis data secara tepat. metode dokumentasi diterapkan dalam melakukan penelitian ini seperti, membuat akun mengakses website, mengetik rumus untuk mencari preposisi pada kolom pencarian, memilih jenis teks, memilih frekuensi data, dan memasukkan data kedalam Microsoft Word pada program komputer.


Data yang telah terkumpul dianalisa secara deskriptif dan kwalitatif.  Penelitian ini menggunakan teori utama dari Quirk, dkk. Selain itu, ada teori pendukung yang diusulkan oleh Hewings. Fungsi sintaksis dan makna frase preposisional sederhana In, On, dan At ditentukan dengan menggunakan teori utama Quirk, dkk.


Hasil analisa menunjukkan bahwa frasa preposisional sederhana In, On, dan At mana diikuti oleh penentu "the"  paling sering terjadi berfungsi sebagai kata keterangan, terutama adjunct. Namun, frasa preposisi sederhana “At”  paling sering terjadi sebagai komplementasi dari kata kerja dan kata sifat. Selain itu, makna preposisi sederhana dianalisa dalam hal hubungan spasial, waktu, penyebab atau spektrum tujuan, dan sarana atau spektrum agentif. Dalam hal ini, frasa preposisional sederhana In, On, dan At paling sering digunakan untuk menunjukkan tempat dan waktu dalam kalimat.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
BINANTARI, Ni Made; RAJEG, I Made. Simple Prepositional Phrases in The Corpus of Contemporary American English (COCA). Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/26913>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles

Keywords

preposisi, corpus, fungsi, dan makna

Most read articles by the same author(s)