Translation Equivalence and Shift of Noun Phrases in the Novel The House on Hope Street and in Serpih – Serpih Harapan

  • Ayu Nur Fitriyani
  • I Gusti Ngurah Parthama
  • Putu Lirishati Soethama

Abstract

Skripsi ini berjudul "Kesepadanan Penerjemahan dan Pergeseran dari Frasa Nomina pada Novel The House On Hope Street dan Serpih - Serpih Harapan". Hal yang paling penting dalam penerjemahan adalah kesepadanan untuk menjaga makna tetap konstan. Selain itu, pergeseran dapat terjadi dalam proses penerjemahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesepadanan dari frasa nomina yang ditemukan dalam terjemahan dan untuk mengidentifikasi jenis-jenis pergeseran yang terjadi.

Sumber data diambil dari novel karya Danielle Steel berjudul The House On Hope Street dan terjemahannya ke dalam versi Indonesia berjudul Serpih-Serpih Harapan oleh Kathleen S.W. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian perpustakaan dan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Catford.

Hasil dari penelitian ini adalah kesepadanan terjadi dalam terjemahan, yang dikenal sebagai korespondensi formal dan kesetaraan tekstual. Pergeseran terjemahan yang ditemukan adalah kategori pergeseran terdiri dari pergeseran struktur, pergeseran kelas, pergeseran unit, dan pergeseran sistem intra. Ada 120 frasa kata benda yang ditemukan dalam analisis ini. Korespondensi formal 12 frasa dan tekstual kesetaraan adalah 10 frasa. Kategori yang paling dominan adalah pergeseran struktur, dengan 39 frasa, yang kedua adalah perge

seran unit, dengan 33 frasa, yang ketiga adalah pergeseran sistem intra dengan 24 frasa. Selanjutnya, balik itu pergeseran kelas dengan 4 frasa. Jumlah yang dianalisi ada 38 frasa nomina.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NUR FITRIYANI, Ayu; NGURAH PARTHAMA, I Gusti; LIRISHATI SOETHAMA, Putu. Translation Equivalence and Shift of Noun Phrases in the Novel The House on Hope Street and in Serpih – Serpih Harapan. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/26439>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles

Keywords

kesepadanan, frasa nomina, pergeseran