THE SPEECH ACT ANALYSIS OF CLAUSE TYPES IN PRINTED ADVERTISEMENT

  • Ni Putu Yuni Ardianti Pratiwi

Abstract

Iklan memiliki beberapa fungsi yaitu untuk mempromosikan benda dan jasa kepada konsumen, untuk memberikan informasi, untuk mengenalkan produk, merk, dan bisnis tertentu. Untuk mencapai tujuan atau fungsi-fungsi tersebut, diperlukan bahasa yang dapat menarik perhatian pembaca. Agar nantinya pesan yang ingin disampaikan bisa dengan baik diterima oleh para calon konsumen tersebut. Bahasa yang digunakan dalam iklan dibentuk dari kumpulan kalimat, frase, atapun klausa.

Data yang digunakan dalam studi ini diambil dari majalah “the beat” Bali & Jakarta Biweekly Entertainment Magazine, Gig Guide No. 359, Edisi 14-17 Maret 2014. Metode yang digunakan untuk menganalisa data dalam studi ini yaitu metode kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisa data dalam studi ini yaitu teknik dokumentasi dengan menggunakan teori dari Austin dan Cohen tentang klausa dan tindak tutur.

Analisis dari studi ini dibagi menjadi tiga bahasan pokok, yaitu jenis klausa, jenis tindak tutur, dan fungsi tindak tutur. Tiga analisis yang dikemukakan dalam studi ini mengungkapkan beberapa fakta yaitu setiap klausa memiliki makna sosialnya masing-masing. Klausa juga memiliki makna tersirat didalam sebuah iklan yang diharapkan bisa dimengerti oleh para pembacau untuk mendukung tercapainya tujuan dari dibuatnya iklan tersebut.

Setiap klausa memiliki perbedaan dan persamaan berdasarkan dari fungsinya masing-masing. Fakta lain yang dikemukakan dalam studi ini yaitu jenis dan manfaat tindak tutur dapat membantu para pembaca untuk mengerti pesan tersirat dari iklan dengan lebih mudah. Karena setiap iklan memiliki tujuan-tujuan atau pesan-pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARDIANTI PRATIWI, Ni Putu Yuni. THE SPEECH ACT ANALYSIS OF CLAUSE TYPES IN PRINTED ADVERTISEMENT. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21368>. Date accessed: 01 july 2024.
Section
Articles

Keywords

jenis klausa, jenis tindak tutur, fungsi tindak tutur