IDIOMS IN THE SONG LYRICS OF THE ALBUMS ROLL ON AND STATE OF EMERGENCY BY THE LIVING END

  • Made Alit Wahyudi

Abstract

Judul skripsi ini adalah “idiom didalam lirik lagu dari album Roll On dan State Of Emergency oleh The Living End band”. Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi tipe-tipe idiom di dalam lirik lagu dan menggambarkan makna yang dimaksudkan dari idiom.

Data dari penelitian ini diambil dari album-album resmi The Living End band berjudul Roll On yang mana diluncurkan pada tahun 2000 dan State Of Emergency yang mana diluncurkan pada tanggal 11 Juli 2006. Data yang dikoleksi menggunakan metode dokumentasi dengan mengaplikasikan teknik pengambilan catatan.

Teori-teori yang digunakan untuk analisisnnya adalah teori makna yang disebut semantic triangle diusulkan oleh Ogden dan Richards (1976) dan tipe-tipe idiom oleh F.R Palmer (1976) sebagai teori-teori utama.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga tipe-tipe idiom seperti kata kerja frasa, rankaian kata kerja berpreposisisi, idiom yang berat sebelah. Idiom juga dianalisa dengan teori semantik yang disebut semantic triangle oleh Odgen and Richards pada buku Palmer yang mana mempunyai tiga komponen seperti simbol, pikiran atau referansi, dan sasaran. Tambahan lagi, makna-makana idiom bisa dilihat didalam konteks-konteksnya  pada yang mana itu terjadi supaya memahami makna dari idiom secara lebih lengkap.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ALIT WAHYUDI, Made. IDIOMS IN THE SONG LYRICS OF THE ALBUMS ROLL ON AND STATE OF EMERGENCY BY THE LIVING END. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21357>. Date accessed: 01 july 2024.
Section
Articles

Keywords

idiom, tipe-tipe idiom, makna yang dimaksudkan, semantic tringle, konteks-konteks.