Negative Politeness Strategies Used By Sybil Branson In Downtown Abbey,s Television Series Script

  • Ida Ayu Apsari Dewi

Abstract

Studi ini berjudul “Negative Politeess Strategies Used by Sybil Branson in Downtown Abbey’s Television Series Script”. Studi ini difokuskan dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa jenis dari strategi kesopanan negative dan factor yang mempengaruhi pemakaian strategi tersebut oleh salah satu tokoh dari cerita fiktif tersebut bernama Sybil Branson.

Data yang digunakan dalam studi ini diambil dari dialog yang terdapat dalam naskah serial televisi Downtown Abbey, terutama dialog antara Sybil Branson dengan keluarga, teman-teman dan pelayannya. Kalimat-kalimat yang digunakan sebagai sumber data studi ini adalah kalimat yang terdapat dalam percakapan yang menggunakan strategi kesopanan negative.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan deskripsi. Teori yang digunakan dalam studi ini berdasarkan teori Brown dan Levinson (1978) untuk mengidentifikasi dan menganalisa jenis dari strategi kesopanan negative dan factor yang mempengaruhi pemakaian strategi tersebut.

Hasil studi ini menyebutkan bahwa terdapat 10 jenis strategi kesopanan negative yang ditemukan dan 2 faktor yang mempengaruhi pemakaian strategi tersebut. Jenis dari strategi kesopanan negative dan faktor yang mempengaruhi pemakaiannya memiliki hubungan yang erat dalam percakapan sehari-hari. Baik digunakan untuk bercakap-cakap dengan perbedaan jenis kelamin, pria atau wanita, perbedaan umur, tua atau muda ataupun disesuaikan dengan keadaan, situasi dan kondisi.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
APSARI DEWI, Ida Ayu. Negative Politeness Strategies Used By Sybil Branson In Downtown Abbey,s Television Series Script. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21341>. Date accessed: 01 july 2024.
Section
Articles

Keywords

strategi kesopanan negative, Downtown Abbey, Sybil Branson, television series.