Semiotic Study Of Apple Inc. Phone Advertisement Video Edition: Iphone 5 – Facetime Every Day

  • I Wayan Agus Pranata

Abstract

Judul studi ini adalah Semiotic Study of Apple Inc. Phone Advertisement Video Edition: “Iphone 5 – Facetime Everyday”. Studi ini membahas tentang makna dari elemen konseptual lisan maupun tulisan dan mengidentifikasikan tanda visual dalam video iklan dari Perusahaan Apple. Data yang digunakan adalah percakapan, tulisan, dan bentuk visual dalam sebuah video iklan yang berjudul Iphone 5 – facetime everyday. Teori yang digunakan adalah teori dari Geoffrey Leech tentang makna konseptua luntuk menganalisis makna konseptual dari sebuah kata atau kalimat,Dyer tentang visual dan verbal untuk menganalisis tanda-tanda visual maupun verbal yang muncul dalam iklan video, dan Ferdinand de Saussure tentang Semiotics untuk menganalisis signifier (petanda) dan signified (penanda)dari logo perusahaan.

Hasil studi menunjukkan bahwa makna konseptual lisan dan tulisan mengarah untuk mengetahui makna dari pesan yang terkandung dalam video iklan.Disamping itu, dalamiklan video efek visual juga memiliki peranan penting untuk mempengaruhi pemirsa dan memperjelas makna dari iklan. Tanda visual yang muncul di Apple Inc. Iklan video edisi: iPhone 5 facetime -  everyday menunjukkan orang-orang dari seluruh benua menggunakan iPhone 5untuk berkomunikasi dan terhubung dengan tatap muka yang menunjukkan kemampuan baru berkomunikasi di era ini yang tidak hanya bisa mendengar suara saja, tetapi bisa melihat wajah dan kondisi sekitar ketika terhubung dengan teknologi facetime di iPhone 5. Kolaborasi yang baik antara unsur-unsur lisan dan tulisan dengan tanda visual yang muncul dalam iklan dapat mempengaruhi daya jual produk , visualisasi yang ditampilkan dalam video iklan memiliki karakteristik yang membuat pemirsa tertarik untuk membeli.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
AGUS PRANATA, I Wayan. Semiotic Study Of Apple Inc. Phone Advertisement Video Edition: Iphone 5 – Facetime Every Day. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21339>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

semiotik, maknakonseptual, tandavisual,penanda dan petanda