THE INFLUENCE OF SETTING ON THE THREE DIMENSIONAL ASPECTS OF MAIN CHARACTER IN THE ALCHEMIST

  • I Wayan Eka Ariyasa

Abstract

Judul penelitian ini adalah The Influence of Setting on the Three Dimensional Aspects Of Main Character In The Alchemist. Studi ini membahas pengaruh latar terhadap tiga aspek dimensional pada karakter utama dalam sebuah novel. Analisis di makalah ini difokuskan pada dua elemen intrinsic dalam suatu karya sastra yaitu karakter dan latar.

Data-data di dalam makalah ini diambil dari sebuah novela berjudul The Alchemist karangan Paulo Coelho (1992) yang diperoleh dengan metode dokumentasi. Ada dua teori yang digunakan untuk menganalisa makalah ini yaitu teori penelaah fiksi, How to Analyze Fiction dari Kenney (1996) dan teori literatur dari Wellek dan Warren (1948). Riset pustaka diterapkan untuk memperoleh informasi yang lengkap terkait makalah ini serta diterapkan pula metode deskriptif.

Analisis di makalah ini ditekankan pada karakter dan latar. Analisis karakter difokuskan pada karakter utama dalam suatu karya sastra beserta tiga aspek dimensionalnya seperti aspek fisiologi, psikologi, dan sosiologi yang dianalisa berdasarkan karakterisasinya. Latar dibagi menjadi dua jenis, latar tempat dan latar waktu dan diikutsertakan dengan analisis pengaruh latar pada tiga aspek dimensional karakter utama dalam fiksi. Analisis menunjukkan bahwa latar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aspek dari karakter utama dalam fiksi. Latar mempengaruhi karakter utama dalam hal ia menghadapi masalah, membuat keputusan dan pandangan-pandangannya terhadap lingkup sekitar

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
EKA ARIYASA, I Wayan. THE INFLUENCE OF SETTING ON THE THREE DIMENSIONAL ASPECTS OF MAIN CHARACTER IN THE ALCHEMIST. Humanis, [S.l.], apr. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19776>. Date accessed: 05 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Latar, Tiga Aspek Dimensional, Karakter Utama.