WORDSWORTH’S TREATMENT OF NATURE IN HIS POEM “THREE YEARS SHE GREW IN SUN AND SHOWER”

  • I Gede Hari Sanjaya

Abstract

"Three Years She Grew in Sun and Shower" adalah sebuah puisi yang ditulis pada tahun 1798 oleh penyair Inggris William Wordsworth. Sebagai salah satu dari lima puisi dari serial “Lucy", yang menceritakan dan menggambarkan hubungan antara Lucy dan alam menggunakan kata-kata kompleks yang berlawanan dan sentimen. Wordsworth menggunakan antitesis dari kata-kata -'sun dan shower ', ' law dan impuls ', 'earth dan langit ', ' kindle atau restrain'- sebagai perangkat untuk membangkitkan kekuatan yang berlawanan yang berada di alam. Ada konflik lebih lanjut dan pertentangan antara alam dan manusia, di mana mereka berupaya untuk memiliki Lucy. Pernikahan dijelaskan antara Lucy dan alam, sementara kekasih manusianya tertinggal untuk berkabung dalam pengetahuan bahwa kematian telah memisahkan diri dari umat manusia, dan dia selamanya sekarang akan  bersama dengan alam.

 

Dalam studi ini, karya penyair Inggris William Wordsworth yang berjudul  Three Years She Grew in Sun and Shower dipilih untuk dianalisis  dan penulisan studi  ini menggunakan sumber data primer dari syair tersebut di atas dan menggunakan teori sastra yang ditulis  oleh Knickerbocker,, K.L. 1963. Interpreting Literature, dan buku Theory of Literature yang ditulis oleh Rene Welek and Austin Waren (1962).

 

Hasil dari penulisan ini menyatakan bahwa adanya hubungan dalam antara puisi William Wordsworth Three Years She Grew in Sun and Shower dengan kehidupannya dan ini memiliki elemen-elemen dasar yang berhubungan erat dengan pengalaman hidupnya dan cintanya.

 

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
HARI SANJAYA, I Gede. WORDSWORTH’S TREATMENT OF NATURE IN HIS POEM “THREE YEARS SHE GREW IN SUN AND SHOWER”. Humanis, [S.l.], apr. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19775>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

matahari, alam, kematian