SEMIOTIC ANALYSIS OF CHARACTER’S MOTIONS IN MARVEL COMIC’S IRON MAN 3 PRELUDE – IRON MAN EXTREMIS

  • Made Widya Wibawa

Abstract

Judul studi ini adalah Semiotic Analysis of Character’s Motions in Marvel’s Comic Iron Man 3 Prelude – Iron Man Extremis. Studi ini membahas tentang arti dari masing-masing gerak karakter dalam komik dan hubungannya dengan perangkat tekstual dalam penciptaan suatu kejadian di dalam komik. Data yang digunakan adalah gambar dalam sebuah komik Marvel berjudul Iron Man 3 Prelude – Iron Man Extremis (2013) yang dikarang oleh Chistos Gage, Will Corona Pilgrim, Ramon Rosanas, dan Steve Kurth. Teori yang digunakan adalah teori dari Ferdinand de Saussure tentang Semiotics untuk menganalisis signifier (petanda) dan signified (penanda)dari gerakan karakter, dan teori milik Scott McCloud untuk menganalisis hubungan antara gerakan karakter dan perangkat tekstual dalam pembuatan suatu kejadian dalam komik.

Hasil studi menunjukkan bahwa gerakan karakter dalam komik yang memiliki petanda dan penanda memang terlihat seperti gerakan manusia dalam kehidupan nyata sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Disamping itu, perangkat tekstual seperti balon pidato dan efek suara dapat memperjelas ide yang ingin disampaikan oleh gerakan karakter dalam penggambaran suatu kejadian.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
WIBAWA, Made Widya. SEMIOTIC ANALYSIS OF CHARACTER’S MOTIONS IN MARVEL COMIC’S IRON MAN 3 PRELUDE – IRON MAN EXTREMIS. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19516>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles

Keywords

karakter, signifier, signified