COLOUR TERMS AND SYMBOLS IN SEASONAL GREETING CARD: A SEMIOTIC STUDY

  • Ida Ayu Pramitasari

Abstract

Studi ini membahas tentang warna dan simbol serta makna mereka yang terdapat pada sebuah kartu ucapan. Studi ini secara spesifik bertujuan untuk menemukan warna dan simbol yang terdapat pada sebuah kartu ucapan selamat Natal dan juga mengungkapkan makna yang terkandung pada warna-warna dan simbol-simbol tersebut. Data yang digunakan sebagai objek penelitian pada studi ini adalah sebuah kartu ucapan selamat Natal yang dirancang oleh Samuel Yanuar (2010). Tanpa disadari warna-warna dan simbol-simbol yang terdapat pada kartu ucapan tersebut merupakan sebuah ciri khas dari perayaan Natal sehingga dibalik warna-warna dan simbol-simbol tersebut terdapat sebuah makna tersendiri yang merefleksikan Natal.

Hasil daris studi ini adalah terdapat dua warna dominan yang digunakan pada kartu ucapan dan merefleksikan suasana Natal, yaitu merah, biru dan hijau. Selain tiga warna tersebut, terdapat pula beberapa warna lainny pada kartu ucapan tersebut seperti kuning, ungu, coklat, abu-abu dan oranye.selain itu, pada kartu ucapan ditemukan pula beberapa simbol yang menggambarkan Natal seperti pohon natal dan dan manusia salju. Aspek-aspek visual tersebut memiliki makna tersendiri yang menggambarkan suasana Natal.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PRAMITASARI, Ida Ayu. COLOUR TERMS AND SYMBOLS IN SEASONAL GREETING CARD: A SEMIOTIC STUDY. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19515>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles

Keywords

simbol, warna, makna.