THE ANALYSIS OF CONFLICTS BETWEEN HOOLIGAN PEOPLE IN “GREEN STREET HOOLIGANS” MOVIE

  • I Made Weda Mahayana

Abstract

Skripsi ini berjudul “The Analysis of Conflict Between Hooligan People In “Green Street Hooligans” Movie” bertujuan untuk mengidentifikasi jenis konflik yang dihadapi oleh para karakter, dan juga menganalisa serta mendeskripsikan baik dari penyebab terjadinya konflik maupun strategi yang digunakan untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni dengan menonton film Green Street Hooligans, mencari kalimat-kalimat yang berhubungan dengan topic. setelah data tersebut telah diklasifikasikan sesuai dengan tipenya, akhirnya data yang sudah diklasifikasi tersebut telah dianalisa mengacu kepada teori dari Gail dan Myers dan juga teori dari Deetz dan Stvenson.

Sesuai dengan analisa terhadap konflik dari film Green Street Hooligans, terdapat elemen-elemen dari konflik eksternal dan internal ditemukan di dalam cerita ini yang terjadi pada para karakter. Untuk konflik eksternal, terdapat pada cerita tersebut bahwa konflik lebih banyak terjadi secara interpersonal dan secara kelompok. Analisis terhadap konflik eksternal focus kepada penyebab terjadinya konflik dan juga strategi mengatasi konflik. Untuk penyebab terjadinya konflik pada konflik eksternal terdapat tiga dari empat persoalan yang berbeda di cerita ini, yaitu perbedaan pendapat, pertentangan tujuan dan pertentangan peran. Dan yang tidak terdapat di cerita ini adalah keterbatasan sumber informasi. Ada juga beberapa strategi untuk mengatasi konflik ditemukan di cerita ini seperti penghindaran, kompetisi, pasifikasi dan integrasi kreatif. Strategi yang tidak terdapat di cerita ini adalah kompromi.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MAHAYANA, I Made Weda. THE ANALYSIS OF CONFLICTS BETWEEN HOOLIGAN PEOPLE IN “GREEN STREET HOOLIGANS” MOVIE. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19514>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Conflict, source, strategy