THE STRUCTURE AND MEANING OF DISCOURSE ON THE JAKARTA POST’s SPORTS ARTICLES

  • I Gede Pasek Suryadi

Abstract

Penelitian iniberjudul"The Structure and Meaning of Discourse on The Jakarta Post’s Sports Articles”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan elemen dari struktur wacana dalam artikel olahraga TheJakarta Post. Lebih khusus, hal ini dimaksudkan untuk menganalisis makna elemen dari struktur wacana dalam artikel olahraga The Jakarta Post.

Data penelitian ini diambil dari The Jakarta Post, Selasa16 April 2013, koran berbahasa inggris yang dianalisis berdasarkan teori tanda oleh Dijk (1997). Data dianalisis untuk menemukan Makrostruktur, Suprastruktur, dan Mikrostruktur dari artikel.

Hasilnya menunjukkan bahwa makrostruktur dari artikel adalah "WIN dan MATCH". The Suprastruktur membantu pembaca untuk mengetahui pengenalan, substansi dan kesimpulan, di mana bagian kalimat yang ditempatkan di awal, atau sebagian ditempatkan di akhir. Mikrostruktur menunjukkan kata atau kalimat yang sama yang mencakup aspek semantik atau sintaksis. Metafora dan ekspresi dalam mikrostruktur membantu pembaca untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh penulis.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SURYADI, I Gede Pasek. THE STRUCTURE AND MEANING OF DISCOURSE ON THE JAKARTA POST’s SPORTS ARTICLES. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19512>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles