CODE SWITCHING IN THE NOVEL "ONE MEANING THOUSAND WAYS I LOVE YOU" BY ARDELIA KARISA

  • Ratih Kusumaningtyas Asih

Abstract

Makalah ini berjudul Code Switching in the Novel “One Meaning Thousand Ways I Love You” by Ardelia Karisa. Ada dua masalah yang muncul pada makalah ini yaitu  jenis dan fungsi alih kode dalam makalah yang berjudul Code Switching in the Novel “One Meaning Thousand Ways I Love You” by Ardelia Karisa. Berdasarkan latar belakang terdapat dua jenis permasalahan yang ditemukan pada novel ini berkaitan dengan alih kode pada novel, Pertama, apa jenis alih kode yang digunakan dalam novel "One Meaning Thousand Ways I Love You?” Kedua, apa yang fungsi alih kode yang digunakan dalam novel tersebut?

Teori yang digunakan dalam jenis-jenis alih kode berdasarkan pada dasar teori alih kode  yang diusulkan oleh Poplack (1995) yaitu: tag switching, inter-sentential switching, intra-sentential switching. Selain itu, dalam kaitannya dengan analisis fungsi alih kode, digunakan teori dari Appel dan Muysken (1987: 118-120) dalam buku mereka yang berjudul Language Contact and Bilingualism, akan diterapkan dalam makalah ini. Dalam hal fungsi alih kode, hanya empat dari enam fungsi yang akan dianalisis meliputi: fungsi referensial, fungsi direktif, fungsi phatic, dan fungsi metalinguistik. Data penelitian ini diambil dari novelOne Meaning Thousand Ways I Love You”, yang ditulis oleh Ardelia Karisa yang diterbitkan pada bulan Oktober 2012. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi kepustakaan. Data jenis dan fungsi alih kode dianalisis dengan memeriksa dan mengkategorikannya berdasarkan masing-masing jenis dan fungsi alih kode.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KUSUMANINGTYAS ASIH, Ratih. CODE SWITCHING IN THE NOVEL "ONE MEANING THOUSAND WAYS I LOVE YOU" BY ARDELIA KARISA. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19394>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

alih kode, jenis, fungsi