REFLECTION OF LOVE IN POEMS ASKING FOR ROSES AND GOING FOR WATER

  • Ni Wayan Wedari

Abstract

Studi yang berjudul Reflection of Love In Poems Asking For Roses And Going For Water ini membahas tentang refleksi cinta dalam dua puisi karya penyair Amerika Serikat, Robert Frost. Dua puisi ini menunjukkan perjalanan yang penting dalam hidup Frost yang berhubungan dengan sudut pandangnya dalam meraih suatu hal yang sangat bermakna dalam hidupnya. Tema dalam dua puisi ini terefleksikan dengan dua hal yang berbeda namun sama-sama mengandung arti cinta yang sangat alami dalam kehidupan manusia.  Data yang digunakan dalam studi ini diambil dari kompilasi puisi Robert Frost berjudul A Boys Will (1913) dan dianalisis secara teknik dokumentasi berdasarkan teori dari Arp dan Johnson (2006) mengenai unsur intrinsik dalam puisi.

Hasil dari penelitian studi ini menunjukkan bahwa tema dan unsur intrinsik dalam karya puisi menjadi bagian penting dalam merefleksikan ide-ide dalam dua puisi ini. Frost menggambarkan karakteristik dari teknik-teknik yang digunakan oleh penyair pada masa tersebut melalui penggunaan unsur intrinsik seperti diksi, pencitraan, rima kata kiasan, dan simbolisme. Dari analisis tersebut, esensi cinta yang direfleksikan oleh Frost mengandung hal yang sangat bermakna dalam kehidupannya sebagai seorang penyair.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
WEDARI, Ni Wayan. REFLECTION OF LOVE IN POEMS ASKING FOR ROSES AND GOING FOR WATER. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19389>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

puisi, unsur intrinsik, cinta