THE ANALYSIS OF LANGUAGE CHOICE MADE BY THE CHILD OF MIXED MARRIAGE BETWEEN AN INDONESIAN HUSBAND AND DUTCH WIFE FAMILY

  • Kampianus Repong

Abstract

Penelitian ini berjudulThe Analysis of Language Choice Made by The Child of Mixed Marriage between an Indonesian husband and a Dutch Wife Family.Penelitian ini berfokus pada kemempuan berbahasa dari seorang anak yang orang tuanya berkawin campur. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui berapa jumlah bahasa yang bisa di kuasai oleh anak ini, dan bagaimana dia berkomunikasi dengan orang tuanya dirumah serta dengan teman temanya di luar rumah.

Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yang mana semua data yang digunakan adalah data yang didapat secara langsug dari satu keluarga yang berstatus kawin campur. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dengan tehnik merekam. Jenis data alih kode dianalisa dengan mengelompokan dan memilih kalimat berdasarkan sumber data dan kemudian data yang dikumpulkan secara kualitatif dan deskriptif dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak yang diteliti pada penelitian ini memiliki kemampuan bercakap dalam dua bahasa . Kedua bahasa yang dia gunakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Bahasa Inggris dia gunakan ketika dia berbicara dengan kedua orang tuanya di rumah, sedangkan bahasa Indonesia dia gunakan ketika dia berbicara dengan pembantu dan teman temanya di luar rumah. Kemampuanya dalam bercakap mengunakan dua bahasa tersebuat adalah sama, dimana hal tersebut didukung oleh cara kedua orangtuanya dalam strategi mendidik bahasa pada anak mereka. Hasil data menunjukan bahwa anak yang diteliti pada penelitian ini, tidak bingung dalam menggunakan dua bahasa dalam keseharianya. Dia tahu kepada siapa dia berbicara dan bahasa apa yang akan dia gunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
REPONG, Kampianus. THE ANALYSIS OF LANGUAGE CHOICE MADE BY THE CHILD OF MIXED MARRIAGE BETWEEN AN INDONESIAN HUSBAND AND DUTCH WIFE FAMILY. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19384>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

perkawinan campur, transmisi bahasa dan strategibahasa