MOTHER TONGUE’S INTERFERENCE IN PRONUNCIATION OF ENGLISH FRICATIVE BY BALINESE HOUSEKEEPING EMPLOYEES IN WESTIN RESORT NUSA DUA BALI

  • Ni Wayan Erni Cahriani

Abstract

Studi ini membahas tentang kata-kata yang mengandung bahasa Inggris Fricative yang diucapkan oleh orang Bali. Data utama dalam studi ini adalah orang yang bekerja sebagai pegawai Housekeeping Department di hotel Westin Resort Nusa Bali. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis ucapan bahasa Inggris Fricative. Data tersebut diperoleh melalui beberapa teknik yaitu recording dan membagikan questionnaire. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori bahasa Inggris Fricative oleh Tiffany dan Carrell (1987) dan teori bahasa Bali Fricative oleh Warna (1993).

Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa bahasa Inggris Fricative yang tidak terdapat dalam bahasa Bali Fricative digantikan oleh konsonan yang memiliki kesamaan karakteristik. Penggantian yang mereka lakukan seperti; penggantian phoneme /f/ dan /v/ menjadi /p/, penggantian phoneme /?/ menjadi /t/, penggantian phoneme /ð/ menjadi /t/, penggantian phoneme /z/ menjadi /s/, penggantian phoneme /?/ menjadi /s/, dan penggantian phoneme /?/ menjadi /s/. Penggantian ini terjadi karena konsonan-konsonan tersebut tidak terdapat dalam bahasa ibu mereka.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
CAHRIANI, Ni Wayan Erni. MOTHER TONGUE’S INTERFERENCE IN PRONUNCIATION OF ENGLISH FRICATIVE BY BALINESE HOUSEKEEPING EMPLOYEES IN WESTIN RESORT NUSA DUA BALI. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19373>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Bahasa Ibu, Bahasa Inggris Fricative, Bahasa Bali Fricative