MORPHOLOGICAL PROCESS OF DERIVATIONAL NOUN IN MAHLIGAI MAGAZINE

  • Jenny Paska Sari Tanjung

Abstract

Judul tulisan ini adalah "Morphological Process of Derivational Noun in Mahligai Magazineā€ Proses Morfologi adalah cara mengubah batang untuk menyesuaikan maknanya agar sesuai konteks sintaksis dan komunikasi. Proses morfologi mengubah batang agar memperoleh kata baru. Morfologi adalah salah satu elemen yang paling penting bagi kita yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang proses morfologis dalam bahasa Inggris. Ketika kita tidak tahu proses morfologi bahasa Inggris, morfologi memberi kita aturan untuk membentuk kata baru seperti kata kerja, kata benda, kata sifat, menjadi kelas kata lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa proses morfologi terjadi pada pembentukan kata benda dan tulisan ini ingin menemukan perubahankelas kata pada akhiran derivatif sebagai bagian dari proses morfologi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan karena sumber data penelitian ini data non-numerik. Teori morfologi digunakan dalam tulisan ini yang dikemukakan oleh Matthew (1991) dan teori-teori pendukung dikemukakan oleh Katamba (1993), Bauer (1983). Dalam proses morfologi, proses morfologi terjadi pada kata benda serta kelas kata yang dapat diubah menjadi kata benda melalui proses morfologi dan ada 2 jenis proses morfologi terjadi pada kata benda; proses tersebut adalah derivasi dan infleksi.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SARI TANJUNG, Jenny Paska. MORPHOLOGICAL PROCESS OF DERIVATIONAL NOUN IN MAHLIGAI MAGAZINE. Humanis, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/19367>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Proses morfologi, derivatif, akhiran