MESSAGES AND PERSUASION IN VERBAL AND VISUAL SIGNS OF WORLD VISION’S ZAMBIA PROJECT CAMPAIGN VIDEO

  • Made Yuana Arya Putry

Abstract

Penelitian ini berjudul "Messages and Persuasion in Verbal and Visual Signs of World Vision’s Zambia Project Campaign Video". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan dan mode persuasi yang tekandung dalam tanda verbal dan tanda visual. Data yang dipergunakan untuk penelitian ini diambil dari sebuah video kampanye yang berjudul: "World Vision Water - Meet Violet and the Other Children of the Zambia Project - World Vision". Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori tentang tanda oleh Saussure, teori tentang elemen-elemen komunikasi visual oleh Dyer, serta teori tentang gaya persuasi oleh Aristoteles. Dalam penelitian ini ditemukan pesan dalam tanda lisan dan tanda visual bahwa pembuat video mengajak masyarakat untuk turut serta membantu mengatasi krisis air bersih yang melanda masyarakat Zambia. Selain itu, ketiga gaya persuasi yang dirumuskan oleh Aristoteles (etos, patos, logos) juga ditemukan tercermin dalam tanda lisan dan tanda visual.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARYA PUTRY, Made Yuana. MESSAGES AND PERSUASION IN VERBAL AND VISUAL SIGNS OF WORLD VISION’S ZAMBIA PROJECT CAMPAIGN VIDEO. Humanis, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/17263>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

tanda lisan, tanda visual, persuasi, pesan, video kampanye.