THE IMPACT OF USING PICTURES AS MEDIA OF TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR KINDERGARTEN STUDENTS AT KUMARA LOKA SCHOOL, DENPASAR
Abstract
Jurnal ilmiah yang berjudul “The Impact of Using Pictures as Media of Teaching English Vocabulary for Kindergarten Students at Kumara Loka School, Denpasar” bertujuan untuk menganalisis jenis gambar yang digunakan untuk memotivasi siswa TK untuk belajar kosa kata bahasa Inggris dan efektivitas penggunaan gambar dalam mengajar kosa kata bahasa Inggris . Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari siswa dari dua kelas di TK Kumara Lokaschool . Mereka dipilih karena mereka tidak pernah menggunakan gambar dalam pengajaran kosakatasebelumnya . Data diambil dengan menggunakan ujian tengah dan akhir , kemudian dianalisis sesuai dengan hasil tes di dua mata pelajaran bahasa Inggris . Analisis itu sendiri didasarkan pada PAP ( PolaAcuanPenilaian ) . Sementara itu, data dianalisis berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Harmer ( 2001) dan teori lain dibawa oleh Hill ( 1990) .
Temuan menunjukkan bahwa jenis gambar yang digunakan adalah flashcard. Flashcard dibagi menjadi dua jenis , yaitu Big Picture Flashcard dan Small Picture Flashcard . Sedangkan dari pengujian menunjukkan bahwa siswa kelas A yang diajarkan dengan menggunakan gambar mendapat rata-rata yang lebih tinggi dalam dua mata pelajaran bahasa Inggris daripada siswa di kelas B yang tidak diajarkan dengan menggunakan gambar . Berdasarkan hasil penelitian , dapat dikatakan bahwa menggunakan gambar efektif dan cukup sukses dan juga berjalan dengan baik dalam situasi kelas . Dengan menggunakan gambar , siswa merasa lebih menarik dan menikmati melakukan kegiatan di kelas , juga dapat memberikan siswa kesempatan untuk actived dalam belajar kosa kata bahasa Inggris .