VERBAL AND VISUAL SIGNS OF NIKE ADVERTISEMENT: A SEMIOTICS ANALYSIS

  • I Gusti Bagus Ngurah Somashrawa

Abstract

Studi ini membahas tentang "Tanda Verbal dan Visual di iklan NIKE: Sebuah Analisis Semiotika", yang menggambarkan tanda-tanda verbal dan visual dalam iklan. Penelitian ini juga menganalisis tanda-tanda verbal dan visual yang mendukung iklan NIKE, dan fungsi dan makna dari tanda-tanda verbal dan visual yang ada di iklan. Ada empat teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tanda visual dan verbal yang diusulkan oleh Dyer (1993), teori makna dan fungsi yang diusulkan oleh Leech (1977), teori tanda yang diuraikan oleh Chandler (2001), dan teori warna diusulkan oleh Chapman (2010).

Tanda-tanda verbal iklan menggunakan makna afektif untuk menarik orang tertarik pada produk. Fungsi ekspresif digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan sikap pencetus nya. Arti konseptual juga digunakan dalam memberikan informasi dari pesan agar pembaca menangkap pesan dari iklan. Informasi Fungsi cenderung yang paling penting, yang menyampaikan informasi dari pembicara / penulis pendengar / pembaca. Makna konseptual dominan dalam penggunaan informasi bahasa. Mengenai hasil, makna dan fungsi dari tanda-tanda telah ditemukan dalam iklan. Arti dan fungsi tanda-tanda dapat dideteksi dari pembuat iklan yang memberitahu informasi tentang NIKE dan membujuk pembaca atau orang untuk mengunjungi toko.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SOMASHRAWA, I Gusti Bagus Ngurah. VERBAL AND VISUAL SIGNS OF NIKE ADVERTISEMENT: A SEMIOTICS ANALYSIS. Humanis, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/17212>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles

Keywords

NIKE, tanda verbal, tanda visual, arti, fungsi