BIOGRAPHICAL APPROACH TO THE MAIN CHARACTER IN JANE AUSTEN’S SENSE AND SENSIBILITY

  • Dwi Yuliantari Ni Made

Abstract

Studi ini membahas tentang hubungan antara pengarang dan tokoh utama di salah satu novel yang ia ciptakan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek kehidupan pengarang yang memberikan pengarauh secara tidak langsung terhadap pembentukan tokoh utama. Terdapat dua data yang digunakan dalam studi ini, yaitu buku biografi Jane Austen berjudul “Memoir of Jane Austen” (1870) oleh James Edward dan novel “Sense and Sensibility” (1811) oleh Jane Austen. Kedua data tersebut dipilih untuk dianalisis karena Jane Austen terinspirasi oleh kehidupan dan pengalamannya dalam menulis novel “Sense and Sensibility”. Tokoh utama dalam novel tersebut secara tidak langsung merefleksikan kehidupan Jane Austen. Dalam memperkuat analisis, digunakan teori pendekatan biografi oleh Wellek dan Warren (1963).

Hasil analisis dari studi ini adalah terdapat lima aspek dalam kehidupan Jane Austen yang memberikan pengaruh terhadap karakter utama dalam novel. Aspek-aspek tersebut antara lain; hubungan persaudaraan dan karakter perseorangan, hiburan, kebudayaan, warisan, serta kekayaan dan pernikahan. Aspek-aspek tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap pembentukan tokoh utama dalam novel serta terhadap alur cerita novel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-08
How to Cite
NI MADE, Dwi Yuliantari. BIOGRAPHICAL APPROACH TO THE MAIN CHARACTER IN JANE AUSTEN’S SENSE AND SENSIBILITY. Humanis, [S.l.], oct. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15637>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

biografi, pengarang, tokoh utama.