REPRESENTATIVE ILLOCUTIONARY ACT IN BRUCE ALMIGHTY AND CAPTAINAMERICA: THE WINTER SOLDIER

  • Artadi Gunawan Made

Abstract

Hal-hal yang dibahas pada studi ini adalah penjelasan kondisi tutur dan komponen tindak tutur terhadap jenis representatif ilokusi yang ditemukan dalam film “Bruce Almighty” dan “Captain America: The Winter Soldier”. Jenis representatif ilokusi yang ditemukan diklasifikasi dan dianalisa berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Searle (1976). Teori lain yang digunakan untuk memperkuat analisa adalah dan komponen tindak tutur oleh Austin (1962).

Hasil yang ditunjukkan pada studi ini adalah terdapat enam jenis representatif ilokusi yang ditemukan pada kedua film. Keenam jenis tersebut adalah “swearing”, “threatening”, “complaining”, “insisting”, “claiming”, dan “hypothesizing”. Kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan kondisi tutur dan komponen tindak tutur dari enam jenis tindakan representatif ilokusi yang ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-08
How to Cite
MADE, Artadi Gunawan. REPRESENTATIVE ILLOCUTIONARY ACT IN BRUCE ALMIGHTY AND CAPTAINAMERICA: THE WINTER SOLDIER. Humanis, [S.l.], oct. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15635>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

representatif ilokusi, kondisi tutur, komponen tindak tutur