THE CHARACTER ANALYSIS IN PEARL S. BUCK’ S THE ENEMY

  • Ora Adenois Corry I Putu

Abstract

Sebuah karya sastra yang dibuat berdasarkan imajinasi penulis dan umumnya mencerminkan kondisi sosial, yang menggunakan lingkungan sosial di sekitarnya sebagai dasar. Wellek dan Warren (1973:39) menyatakan bahwa karya sastra itu sendiri membenarkan semua kepentingan kita dalam kehidupan seorang penulis, dalam lingkungan sosial dan seluruh proses sastra.

Untuk menganalisis sebuah karya sastra diperlukan identifikasi bagian-bagian terpisah  untuk menentukan hubungan antara bagian-bagiannya untuk menemukan hubungan bagian tersebut dengan karya sastranya (Kenney, 1966:5). Novel adalah salah satu contoh prosa fiksi yang menggambarkan karakter dan memperkenalkan lebih dari satu kesan, efek atau emosi digambarkan sebagai cerita lama untuk menulis dalam sebuah buku. Karakter merupakan salah satu aspek penting, ia membawa berita dari penulis yang dapat membawa berbagai nilai dalam kehidupan manusia seperti moralitas, pendidikan dan banyak lainnya.

Dalam studi ini, cerita berjudul The Enemy dipilih untuk dianalisis. Dalam kisah The Enemy Dr. Sadao dibesarkan dalam budaya khas Jepang. Ayahnya adalah seorang patriot besar. Dalam cerita ini, seorang tahanan Amerika yang terdampar di depan rumah Sadao setelah melarikan diri. Dokter dan istrinya terpecah antara pertanyaan kemanusiaan dan patriotisme. Mereka ragu apakah mereka harus menyelamatkan manusia ini atau menyerahkan pada pemerintah Jepang. Sadao adalah ahli bedah penting bagi negara sehingga tidak dikirim ke medan perang. Kemudian Sadao mengungkapkan tentang tahanan tersebut kepada sang Jenderal dan Jenderal itu setuju untuk membantu dia dengan mengirim pembunuh untuk membunuh orang Amerika itu. Pada akhirnya kemanusiaan mendominasi patriotisme dan tahanan dibiarkan bebas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-08
How to Cite
I PUTU, Ora Adenois Corry. THE CHARACTER ANALYSIS IN PEARL S. BUCK’ S THE ENEMY. Humanis, [S.l.], oct. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15632>. Date accessed: 27 sep. 2024.
Section
Articles

Keywords

Etnik, kemanusiaan, patriotisme