LANGUAGE OF MARGARET THATCHER “A WOMAN LEADER” IN THE IRON LADY: A SOCIOLINGUISTIC STUDY

  • Santi Ashari Rahayu Ni Putu

Abstract

Dilihat dari segi gender, prempuan dan kepemimpinan adalah dua hal yang berbeda. Dimana perempuan mengacu pada kefeminisan sedangkan laki-laki lebih mengacu pada kemaskulinan. Saat ini banyak pemimpin perempuan yang mulai menunjukan kemampuan mereka dalam bidang kepemimpinan. Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis fitur dan fungsi bahasa dari bahasa perempuan khususnya Margaret Thatcher dalam film “The Iron Lady” serta untuk menganalisis kontek situasi dimana Margaret Thatcher menggunakan bahasa untuk menunjukkan gaya kepemimpinannya dalam film “The Iron Lady”.

Terdapat tiga teori yang digunakan dalam penelitian ini. Diantaranya teori tentang fitur dan fungsi bahasa perempuan oleh Lakoff (1975) yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dari karya ilmiah ini serta teori tentang bahasa kepemimpinan perempuan oleh Baxter(2010) dan teori kontek situasi oleh Halliday(1985) untuk menganalisis rumusan masalah kedua dari karya ilmiah ini.

Berdasarkan hasil analisis, diantara 10 fitur bahasa perempuan yang disampaikan Lakoff(1975)  hanya 9 diantaranya yang dipakai oleh Margaret Thatcher dalam ujarannya di film “The Iron Lady”. Disamping itu dalam ujarannya Margaret Thatcher lebih sering membicarakan tentang politik bersama suami dan rekan politiknya. Bahasa yang digunakan oleh Margaret Thatcher adalah bahasa formal. Berdasarkan penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa meskipun sebagai seorang pemimpin Negara yang hebat, Margaret Thatcher masih menggunakan bahasa perempuan dengan kerabat dengan maupun rekan terdekatnya di dunia politik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-10
How to Cite
NI PUTU, Santi Ashari Rahayu. LANGUAGE OF MARGARET THATCHER “A WOMAN LEADER” IN THE IRON LADY: A SOCIOLINGUISTIC STUDY. Humanis, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15590>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

bahasa perempuan, kepemimpinan perempuan, kontek situasi.