DERIVED NOUNS WITH REFERENCE TO JOHN GRISHAM’S NOVEL “THEODORE BOONE”

  • Ayu Sri Wahyuni Ni Komang

Abstract

Judul dari studi ini adalah Derived Nouns with Reference to John Grisham’s Novel “Theodore Boone”. Studi ini difokuskan dalam menganalisis afiksasi kata benda. Adapun tujuan-tujuan dari studi ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk dasar dari kata benda perolehan, untuk menjelaskan arti dari afiksasi kata benda dan juga untuk menganalisis struktur kata dari kata benda perolehan. Teori pokok dari studi ini diambil dari Bauer (1983) mengenai proses morfologi. Untuk tambahan terhadap teori ini, studi ini juga menggunakan teori terkait yang dikemukakan oleh Quirk (1973), teori yang dikemukakan oleh Frank (1972) dan teori yang dikemukakan oleh Spencer (1991). Data dari studi ini diambil dari sebuah novel yang ditulis oleh John Grisham, yang berjudul Theodore boone, yang telah dipublikasikan di Britania Agung oleh Hodder dan Stoughton pada tahun 2010. Data-data pada studi ini dikumpulkan dengan membaca novel tersebut kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan secara kualitatif.

Hasil analisis menunjukkan bahwa ada satu kelas awalan tetap yang ditemukan dalam novel, yaitu awalan step-. Selanjutnya, ada empat kelas akhiran tetap yang ditemukan dalam novel ini seperti: -ship, -er, -ist dan –hood. Sedangkan tidak ada satupun kelas awalan ganti yang ditemukan dalam novel. Akan tetapi, ada empat belas kelas akhiran ganti yang ditemukan, yaitu: -ation, -al, -er/-or, -ment, -ure, -ant, -ion, -age, -ence/-ance, -ness, -cy, -ity, -dom, and –th.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-10
How to Cite
NI KOMANG, Ayu Sri Wahyuni. DERIVED NOUNS WITH REFERENCE TO JOHN GRISHAM’S NOVEL “THEODORE BOONE”. Humanis, [S.l.], sep. 2015. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/15588>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles

Keywords

kata benda perolehan, struktur kata, afiksasi kata benda